Jumat, 18 September 2020

Coba Menganalisa Isi Surat yang Dipegang oleh Tentara saat Konpers Insiden UFO Roswell 1947

KabarUFO, Jakarta - Roswell 1947 adalah kasus pertama di dunia modern tentang jatuhnya UFO. Namun kasus tersebut ditutup-tutupi oleh militer Amerika Serikat. Mereka mengatakan kalau itu adalah balon cuaca yang jatuh. Banyak sekali celah dari alibi pihak militer AS untuk kasus ini.


Kronologi Kejadian


Kasus insiden UFO Roswell pertama kali diumumkan pada 8 Juli 1947. Namun jatuhnya objek misterius tersebut dilaporkan sudah terjadi sekira tiga pekan sebelum tanggal 8 Juli 1947.

Insiden ini pertama kali dilaporkan oleh William Brazel (48), orang yang bekerja di ranch J.B. Foster, menemukan beberapa serpihan dari objek misterius, di 50 km wilayah utara Roswell, New Mexico, AS.

Berdasarkan keterangan Brazel di surat kabar Roswell Daily Records edisi 9 Juli 1947, pada tanggal 14 Juni Brazel beserta anaknya, Vernon (8), datang ke lokasi tempat serpih-serpihan berwarna terang tersebut berada; yang lokasinya sekira 11 km dari ranch J.B Foster.

Awalnya Brazel tidak terlalu peduli dengan hal tersebut, kemudian pada tanggal 4 Juli Brazel beserta istri, putra, dan anak perempuannya, Vernon (8) & Betty (14), datang kembali ke lokasi untuk mengambil beberapa serpihan tersebut.

Lalu tanggal 5 Juli Brazel baru mendengar kabar jatuhnya piring terbang, dan ia menduga-duga kalau serpihan yang ia temukan mungkin adalah piring terbang tersebut.

Pada hari Senin (7/7) Brazel pergi ke kota untuk menjual wol dan mampir bertemu sherif setempat, George Wilcox. Brazel pun dibisiki oleh Wilcox kalau ia menemukan sebuah 'piring terbang'.

Setelah pertemuan tersebut Sherif Wilcox langsung memanggil Mayor Jesse Marcel dari Roswell Army Air Field (RAAF), dan Mayor Marcel juga menghadirkan Letnan Kolonel Sheridan Cavitt and Sersan Pertama, Bill Rickett, di ranch J.B Foster, untuk mengumpulkan lagi serpihan-serpihan misterius tersebut.

Kemudian pada pada 8 Juli 1947, petugas informasi publik pihak RAAF, Walter Haut, merilis keterangan resmi (dari Kolonel William H. Blanchard, atas nama Army Air Force) yang menyatakan kalau personil dari 509th Operations Group telah menemukan sebuah 'piring terbang', yang jatuh di sebuah ranch dekat wilayah Roswell. Keterangan resmi ini langsung jadi headline di surat kabar setempat, Roswell Daily Record, edisi 8 Juli 1947.

'Piring terbang' tersebut kemudian dibawa ke pangkalan udara Roswell, dan kemudian diterbangkan ke 'markas pusat' untuk diteliti. Bukti info ini ada di serangkaian pesan telegraf The United Press pada 8 Juli 1947 yang diterima oleh Frank Joyce, koresponden United Press untuk wilayah Roswell. Joyce juga orang yang mendapat keterangan resmi langsung dari Walter Haut (RAAF). Selain itu, Joyce juga adalah penyiar radio KGFL radio. Frank Joyce juga salah satu orang yang pertama kali mewawancara William Ware “Mack” Brazel pasca insiden Roswell terjadi. Baca pesan telegrafnya di SINI.


Militer Secara Mendadak Mengubah Keterangan Resmi Mereka 


Kolonel William H. Blanchard, pimpinan dari 509th Operations Group kemudian mengontak Jenderal Roger M. Ramey dari Eighth Air Force di Forth Worth, Texas. Jenderal Ramey pun memerintahkan agar objek misterius tersebut diterbangkan ke Fort Worth Army Air Field.

Di pangkalan tersebut, Bintara Tinggi Irving Newton mengkonfirmasi pendapat dari Jenderal Ramey; yang menyatakan kalau objek tersebut adalah sebuah balon cuaca.

Sebuah konferensi pers pun digelar di hari yang sama (8/7/1947), yang menyatakan kalau balon cuaca ditemukan oleh personil RAAF.

Keterangan resmi inilah yang kemudian ditelan mentah-mentah oleh mayoritas masyarakat dunia selama puluhan tahun.

 

Tongkat Misterius dengan Simbol-simbol Aneh



Satu hal menarik di antara serpihan-serpihan UFO yang ditemukan di Roswell Juli 1947 saat itu adalah sebuah potongan metal dengan simbol-simbol aneh yang menyala warna ungu. Hal ini terkonfirmasi di berbagai laporan resmi. Salah duanya via pengakuan Bintara Tinggi Irving Newton dan anak dari Mayor Jesse Marcel.

"Ketika saya sedang meneliti serpihan-serpihan tersebut, Mayor Marcel sedang mengambil sebuah kepingan berbentuk tongkat dan coba meyakinkan saya kalau beberapa simbol di tongkat tersebut adalah tulisan alien," ujar Irving Newton, sebagaimana dilansir dari laporan USAF Roswell Report: Fact vs. Fiction in the New Mexico Desert (Headquarters United States Air Force, 1995), halaman 294.

Terkait tongkat dengan simbol-simbol misterius tersebut, anak dari Mayor Jesse Marcel, yakni Jesse Marcel Jr, juga mengatakan bahwa pada Juli 1947 ketika ia masih berumur 10 tahun, ayahnya pulang ke rumah, dan membangunkannya di tengah malam, untuk melihat serpihan-serpihan piring terbang tersebut.

Jesse Marcel memberitahu Jesse Marcel Jr kalau serpihan-serpihan itu adalah sesuatu yang tak akan pernah ia lihat lagi.

Salah satu kepingan yang membuat Marcel Jr terpesona adalah serpihan metal bentuk tongkat dengan tulisan-tulisan mirip Hieroglif bercahaya ungu. Seperti dilansir dari The Guardian yang pertama kali tayang pada 28 Agustus 2013.

Berikut adalah sketsa penggambaran tongkat dengan tulisan-tulisan misterius bercahaya ungu, yang dibuat oleh Jesse Marcel Jr pada tahun 1989. 


Coba Menganalisa Isi Surat yang Dipegang oleh Jenderal Roger Ramey saat Konpers


Ketika Brigadir Jendral Roger M. Ramey menggelar konferensi pers pada 8 Juli 1947 di Roswell, di sana juga ada Mayor Jesse Marcell dan Bintara Tinggi Irving Newton. Cek foto-fotonya di bawah ini (Jesse Macell di foto pertama, diambil dari Corsicana Daily Sun edisi 9 Juli 1947. Irving Newton di foto kedua).


Di salah satu foto dari sesi konferensi pers tersebut terlihat kalau Brigjen Roger Ramey terlihat memegang sebuah surat / memo. Foto tersebut dipotret pada tanggal 8 Juli 1947, berdasarkan keterangan arsip dari Bettmann Photo Archives. Foto tersebut ditransmisikan melalui layanan kawat berita, International News Service (INS) pada pukul 11:59 malam waktu setempat.

Beberapa paragraf di surat yang dipegang oleh Roger Ramey, berkat teknologi modern kini bisa dikenali beberapa kata-katanya.

Pada April 2015, dua ufologis ternama Amerika Serikat yang bernama Kevin D. Randle (mantan tentara US Army dan US Air Force, periode 1968 - 2009) dan David Rudiak merilis makalah penelitian setebal 21 halaman yang membahas tentang memo Jenderal Roger Ramey.

Pada tahun 1998, J. Bond Johnson, wartawan foto dari surat kabar Fort Worth Star-Telegram yang meliput dan memotret konpers insiden UFO Roswell 1947, memutuskan untuk meneliti foto jepretannya sendiri, dengan tujuan agar bisa membaca tulisan dari surat yang digenggam oleh Jenderal Ramey pada 8 Juli 1947.

Johnson pun membentuk tim yang salah satu anggotanya adalah Ron Regehr, teknisi satelit luar angkasa. J. Bond Johnson beserta timnya menggunakan teknik pembesaran foto, yang di dalamnya memakai komputer, serta beragam perlengkapan kamera dan software.

Tim dari J. Bond Johnson percaya kalau Jenderal Ramey memegang sebuah "pesan telepon" karena ada logo telepon. Berikut adalah isi memo yang dipegang oleh Ramey versi interpretasi tim dari J. Bond Johnson:

AS THE...  4 HRS THE VICTIMS OF THE...  AT FORT WORTH, TEX...  THE “CRASH” STORY... FOR 0984 ACKNOWLEDGES... EMERGENCY POWERS ARE NEEDED SITE TWO SW OF MAGDALENA, NMEX... SAFE TALK... FOR MEANING OF STORY AND MISSION... WEATHER BALLOONS SENT ON THE... AND LAND... rOVER CREWS... [SIGNED]... TEMPLE.

Neil Morris, teknisi yang bekerjasama di University of Manchester di Inggris, juga turut meneliti isi memo Ramey di foto jepretan J. Bond Johnson. Morris pun juga bagian dari tim bentukan Johnson. Namun interpretasi Morris terhadap foto tersebut berbeda dengan hasil tim Johnson.

Berikut adalah interpretasi isi memo Ramey versi Neil Morris:

(1)---------------***ARY WERE --------------AS
(2)----------fxs 4 rsev1 VICTIMS OF THE WR eck and CONVAY ON TO
(3)---------*** AT FORT WORTH, Txe.
(4)-----------***S** smi Ths *ELSE* ***** unus-d**e T&E A3ea96 L******
(5)---------SO ught CRASHE s pOw*** *** N***** SITEOne IS reMotely *****
(6)---------***D* bAsE ToLd ***a* for we**ous BY STORY are 8*****
(7)--------lly thry even PUT FOR BY WEATHER BALLOONS n*d** were
(8)----------**** **la** l***denver*****
(9)
(10)                        Temple

Sementara John Kirby, seorang peneliti yang tertarik dengan kasus Roswell dan bekerja di sebuah perusahaan komputer, menggunakan keahlian serta peralatannya, untuk menginterpretasi tulisan memo yang dipegang oleh Brigjen Ramey. Berikut adalah hasil interpretasinya:

(1) ---------------- officer
(2) -----(jul)y 4th the VictIMs of tHE weECK you fOrWArdEd TO The
(3) -------EaM At FORT WORTH, TEX.
(4) -------5 pM THE “DISC” they will ship [swap?] FOR A3 8th Arrived.
(5) ----or 58t(h) bom(be)r sq(?) Assit [Assess] offices? AT ROSwe(ll) AS for
(6) ---54th SAID MIStaken--------[meaning? weather? balloon?] of [is] story And said
(7) news [clip, chat, dirt] out is OF WEATHER BALLOONS which were
(8)----- Add[And, Ask] land d---------[dirt cover?] crews.
(9)
(10)                        rAMEy

Meski ketiga hasil interpretasi di atas tidak ada yang sama satu dengan lainnya, namun ada beberapa kata sama yang memang mengindikasikan kejadian di Roswell saat itu, yakni: "DISC", "NMEX" (New Mexico), "VICTIMS", "WR eck", "CRASH", "STORY" & "WEATHER BALLOONS".

Jadi memang ada upaya untuk menutup-nutupi (dengan cerita balon cuaca) dari pihak militer untuk kasus jatuhnya UFO di Roswell pada Juli 1947?


 
 
Unduh makalah Deciphering The Ramey Memo (2015) karya Kevin D. Randle & David Rudiak di SINI.
 

Tambahan


Pada sore bulan Juli 1947, Glenn Dennis, dari rumah pemakaman Ballard Funeral Home (yang memiliki kontrak kerjasama dengan Roswell Army Air Field), mendapat beberapa telepon dari pihak RAAF, yang menanyakan:

- "Apa cara terbaik untuk menangani mayat ukuran kecil?"
- "Bagaimana cara terbaik anda untuk mengawetkan mayat yang telah terekspos elemen-elemen?"

Sebagaimana dilansir dari berita di MSNBC pada tanggal 2 Desember 1998.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar